loading...
loading...

Buah Anggur 

Buah anggur adalah buah yang sangat dikenal dengan olahan sebagai minuman. Buah anggur ini ditemukan pertama kali pada tahun 400 sebelum masehi di Timur Tengah. Buah anggur banyak diolah menjadi minuman fregmentasi alkohol pada tahun 2500 masehi di mesir. Masyarakat di Indonesia familiar dengan anggur merah dan anggur hijau.

Manfaat Buah Anggur untuk kesehatan

Vitamin dalam buah anggur diantaranya adalah vitamin A , Vitamin C. anggur juga mengandung yodium, kalsium, mangan, seng, selenium dan gula alami seperti Dektrosa dan Glukosa.
  1. Mencegah Penyakit Mata
Kandungan dalam buah anggur, Flavonoid berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, antara lain penyebab katarak.
  1. Mengobati Migrain
Manfaat buah anggur apabila sering mengkonsumsi jus anggur murni tanpa campuran air, sangat baik untuk penyembuhan migrain.
  1. Mencegah Sakit Jantung.
Mengolah anggur dalam bentuk jus atau memakannya langsung dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.
  1. Menyembuhkan Penyakit Asma
Buah anggur memiliki assimiratory yang membantu meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Manfaat buah anggur bisa diperoleh bagi penderita asma untuk mengurangi sesak napas yang kerap terjadi.
  1. Mengontrol Koresterol
Senyawa Pterostilbene dalam buah anggur berperan dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Kandungan senyawa Saponin yang ada dalam kulit anggur berguna untuk
penyerapan koresterol pada darah, karena itu manfaat buah anggur bisa kita dapatkan disini.
  1. Mengatur Gula Darah
Anggur memiliki Indeks Glikemik yang sangat rendah sehingga manfaat buah anggur bagi orang yang menderita gula darah diperlukan untuk menjaga keseimbangannya. Kandungan Fitonutrient membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas Insulin.
  1. Mencegah Kanker
Manfaat buah anggur yang kaya akan sumber Antioksidant dan Anti Inflamasi Nutrisi, membantu menghambat peradangan kronis yang menjadi awal pertumbuhan sel kanker. Fitonutrien Resveratrol, Anthocyanin dan Proanthocyanidins yang terdapat dalam buah anggur dan memiliki sifat anti peradangan yang menyingkirkan pertumbuhan kanker.
  1. Anti Bakteri
Buah anggur khususnya buah anggur hijau memiliki khasiat untuk menghilangkan bakteri karena memiliki kandungan Antibakterial dan Antivirus. Ini bermanfaat untuk melindungi tubuh dari beberapa bakteri dan virus jahat.
  1. Melancarkan Saluran Pencernaan
Buah Anggur bagus untuk melancarkan saluran pencernaan karena buah anggur mengandung banyak serat didalamnya, sehingga dapat memperlancar buang air besar.
Manfaat manfaat buah anggur diatas memberikan sumbangan besar dalam dunia medis, lebih dari itu ternyata di dunia kecantikan manfaat buah anggur bisa juga didapatkan, seperti berikut ini.

Manfaat Buah Anggur untuk Kecantikan

  1. Dapat Melembabkan Kulit
Jika kulit Anda kering maka buah anggur bisa digunakan sebagai pelembapnya. Cukup sederhana caranya, oleskan buah anggur ke wajah dan diamkan selama 15 menit, lakukan sehari 2 kali.
  1. Memutihkan Gigi
Apabila Anda memiliki masalah dengan warna gigi maka buah anggur bisa digunakan untuk mengatasinya. Memutihkan gigi dengan menggunakan media buah anggur caranya sederhana juga, gosokkan buah anggur sebelum menggosok gigi, dalam beberapa hari gigi anda akan terlihat lebih putih cerah.

Manfaat Buah Anggur dan Olahannya


Olahan buah anggur yang paling terkenal adalah fregmentasi minuman yang mengandung alkohol seperti wine selain itu juga buah anggur dapat dinikmati secara mentah atau diolah menjadi jus buah anggur, selai buah anggur, jelly buah anggur, kismis buah anggur, minyak biji anggur dan juga krupuk anggur, demikian sedikit informasi mengenai manfaat buah anggur, semoga bermanfaat.

Cara membuat keripik buah anggur

PENGERINGAN adalah cara mudah dan efektif untuk mengawetkan makanan sebagai bekal berkemah, memasak, atau hanya sebagai camilan. Makanan kering alias keripik biasanya dibuat dari buah-buahan dan sayuran yang lezat dan bergizi.

Keripik buah dapat dicampur dengan kacang, permen, atau makanan ringan lainnya. Sementara, keripik sayuran sebagai kudapan atau digunakan kembali dalam sup, semur, dan hidangan lainnya.

Oven merupakan salah satu pilihan untuk membuat keripik sayur dan buah-buahan. Ini bisa dilakukan hanya jika oven memiliki suhu kurang dari 90 derajat Celsius. Berikut langkah-langkahnya, seperti diulas Ehow:

1. Bersihkan makanan yang akan dikeringkan. Buang biji, lubang, dan setiap bagian makanan yang yang berserat keras juga bagian yang telah rusak.

2. Rebus buah-buahan dan sayuran untuk menghentikan proses enzimatik dan membunuh organisme yang dapat menyebabkan pembusukan. Waktu perebusan berbeda, tergantung jenis sayuran dan buah-buahan yang digunakan.

3. Untuk mencegah perubahan warna dari buah-buahan, celupkan ke dalam larutan air dan asam askorbat. Anda juga bisa menggunakan campuran jus lemon dan air.

4. Iris tipis buah dan sayuran. Beberapa buah-buahan, seperti aprikot, dapat dibagi dua. Atur irisan dalam satu lapisan pada rak atau loyang kue.

5. Panaskan oven dengan suhu terendah, sekira 60 derajat Celsius. Jika suhu terendah oven Anda tidak mencapai suhu tersebut, maka gunakan suhu maksimal 75 derajat Celsius. Pasang pintu oven secara tidak rapat dengan keadaan tersangga sekira dua hingga tiga inci dengan handuk dapur yang dilipat. Tujuannya, mengeluarkan kelembapan, memungkinkan sirkulasi udara, dan mencegah suhu oven menjadi terlalu panas seandainya Anda tidak dapat mengaturnya pada suhu 60 derajat Celsius.

6. Keringkan buah-buahan dan sayuran sesuai petunjuk waktu. Pastikan sesekali membalikkannya agar kering sempurna.

7. Setelah didinginkan, simpan buah-buahan dan sayuran kering di wadah tertutup rapat, steril, dan telah dicuci bersih. Kocok botol yang berisi buah di dalamnya setiap hari selama sepekan atau dua pekan pertama dan lihat kelembapan makanan. Jika terdapat tanda-tanda kelembapan di dalam toples, maka keringkan kembali di dalam oven. Sayuran dan buah-buahan akan berjamur jika tidak benar-benar kering.

8. Simpan makanan kering di tempat kering, gelap, dan dingin. Semakin dingin tempat penyimpanan, daya tahan makanan kering semakin lama.
loading...

0 komentar:

loading...