loading...
loading...
Buah nanas cukup banyak ditemukan di negara kita, budidaya buah asal Brasil ini banyak ditemukan di daerah Priangan . Tanaman ini sangat baik apabila dibudidayakan di daerah beriklim tropis pada dataran rendah atau tinggi juga bisa tumbuh, pada intinya tanaman ini tidak bisa hidup di daerah yang dingin dan bersalju.




Makanan Hasil Olahan Buah Nanas

Buah nanas apabila dikonsumsi langsung daging buahnya sangat baik kandungan mineral dan vitaminnya bagi tubuh terutama kandungan vitamin A dan vitamin C yang ada pada buahnya. Pengolahan buah nanas di dunia kuliner bervariasi contohnya dodol nanas, jenang nanas, manisan nanas, selai nanas, kripik nanas, atau juga minuman sari buah.

Kripik nanas salah satu dari olahan buah nanas yang cukup digemari para pecinta makanan sehat. Makanan ringan ini dibuat langsung dari buah nanas yang sudah cukup matang. Adapun cara pengolahannya cukup sederhana dan bisa dipraktekkan siapa saja.


Sedikit informasi mengenai cara pembuatan kripik nanas agar hasilnya bisa bagus antara lain mulai dari pemilihan buah nanas harus benar, buah dipilih dari yang sudah matang tetapi tidak boleh terlalu lembek daging buahnya karena terlalu matang. Dengan dipilih buah yang sudah matang maka akan dihasilkan rasa manis pada hasil kripik nanas tanpa ada penambahan unsur manis dari luar.

Dari pemilihan buah yang baik selanjutnya dilakukan proses pengupasan hingga bersih dilanjutkan dengan perendaman pada air garam. Setelah itu buah diiris sesuai selera bentuk yang ingin dihasilkan dari kripik nanas, bisa bentuk bulat sesuai buahnya atau bentuk memanjang kebawah. Ketebalan tiap irisan diperkirakan kurang lebih 5 mm.


Proses selanjutnya adalah mendinginkan buah pada Freezer sebelum dilakukan penggorengan agar hasilnya bisa baik. Pada waktu proses penggorengan dibutuhkan sekali alat penggorengan khusus buah buahan atau dinamakan Vacuum Friying.

Memang mesin penggoreng buah buahan dikenal cukup tinggi harganya dan juga apabila dilakukan dengan sistim penggorengan biasa atau tradisionil maka hasil dari kripik nanas akan hitam atau meleleh seperti jeli. Hal tersebut disebabkan karena kandungan glukose pada buah buahan sangat tinggi karena itu suhu temperatur tidak boleh terlalu tinggi ketika menggorengnya.

Pada penggorengan biasa cenderung suhu bisa tinggi hingga 100 derajat celcius bahkan lebih, dengan kondisi suhu kerja yang tinggi itu masih belum cukup untuk menghilangkan kadar air dalam buah, dan apabila hal tersebut diteruskan ketika proses menggoreng, maka hasil kripik nanas akan gosong.

Dengan menggunakan alat Vacuum Friying suhu temperatur bisa diatur agar tidak terlalu tinggi dan selalu stabil ketika proses dilakukan, pada proses pemanasan pada mesin kripik buah tidak boleh lebih dari 85 derajat celcius agar hasilnya tidak gosong. Di dalam mesin ketika menggoreng buah, kandungan air dihisap keluar dari buah melalui mekanisme yang ada pada mesin penggoreng kripik buah tersebut.


Setelah cukup diperkirakan sudah matang maka kripik nanas dikeluarkan dari mesin Vacuum Friying kemudian ditiriskan atau dipisahkan dari minyak nabati yang menempel di kripik dengan menggunakan alat yang dinamakan mesin Spinner. Dengan alat peniris ini membuat hasil kripik nanas akan lebih sempurna karena kandungan minyak bisa hilang sepenuhnya dari kripik, hasilnya seolah tidak digoreng dengan minyak.


Selesai sudah urutan pengerjaan kripik nanas, tahap akhir yaitu pengemasan dan penyimpanan produk agar bisa tahan lama, disini dianjurkan apabila ingin membuat produk kripik nanas jadi tahan lama diharuskan menggunakan Packing Aluminium Foil Bag, jenis packing ini lebih padat pori porinya dari pada plastik sehingga daya tahan kripik nanas bisa lebih maksimal.


Nanas atau nenas merupakan sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Nanas mempunyai nama latin Ananas comosus dan termasuk dalam famili Bromeliaceae.

Buah nanas memiliki aroma yang sangat khas dan tajam dengan rasa campuran asam dan manis namun sangat menyegarkan karena kandungan airnya yang cukup tinggi. Selain dikonsumsi dengan cara biasa, nanas juga diolah menjadi beberapa makanan seperti jus nanas, manisan, sampai keripik nanas.

Selain bermanfaat sebagai bahan makanan, buah nanas juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alternatif serta perawatan kecantikan. Hal ini karena nanas mengandung banyak zat gizi dan senyawa yang dibutuhkan tubuh.


Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Nanas kaya akan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga mengandung cukup banyak serat.
Kandungan Gizi Buah Nanas per 100 gram
Energi: 52 kal
Protein: 0,4 g
Lemak: 0,2 g
Fosfor: 11 mg
Zat Besi: 0,3 mg
Vitamin A: 130 IU
Serat: 0,4 g
Kalsium: 16 mg
Vitamin C: 24 mg
Karbohidrat: 13,7 g
Vitamin B1: 0,08 mg
Air: 85,3 g


Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Tidak cuma enak dimakan, buah nanas juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa khasiat nanas untuk kesehatan.

Menurunkan Tekanan Darah

Berkat kandungan kaliumnya, nanas bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

Menurunkan Berat Badan

Enzim proteiolitik pada nanas menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuang bersama feses. Selain itu, vitamin C-nya juga menggiatkan proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.

Mengobati Asam Urat

Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. Namun, jangan mengonsumsi nanas yang terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat dan vitamin C pada nanas dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk kemudian dibuang keluar tubuh. Oh ya, enzim protease pada bromelainnya mampu mencerna protein.

Mengatasi perut kembung

Nanas mengandung bromelain, sebuah zat yang mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain itu bromelain juga efetif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

Menguatkan tulang

Nanas juga salah satu buah yang populer untuk membantu menguatkan tulang. Kandungan mangan di dalamnya dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang agar lebih padat. Anda bisa memperoleh 73% kebutuhan mangan dengan mengonsumsi nanas dalam sehari.

Mencegah batuk akibat flu dan demam

Karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi, nanas mampu membantu memerangi virus penyebab flu. Sekalipun Anda sedang menderita flu, cukup efektif memanfaatkan nanas sebagai obat alami. Adalah bromelain di dalam nanas yang membantu melancarkan dahak sehingga batuk lekas sembuh.

Menjaga kesehatan gigi

Khasiat buah nanas dapat menjaga kesehatan gigi, ini karena buah nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu pencegahan plak pada gigi juga penyakit gusi.

Mengatasi sembelit

Sembelit dapat disebabkan karena kurangnya makanan berserat. Makanan yang mengandung serat dapat berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.

Menguatkan kekebalan tubuh

Manfaat nanas yang satu ini bersumber dari kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang ada di dalam buah berwarna kuning cerah ini. Kedua senyawa tersebut memang sudah lama dikenal ampuh menguatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa lelah.

Menjaga kesehatan kulit

Buah nanas dapat digunakan untuk mengatasi masalah peradangan kulit. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Pakai hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi nanas. Karena nanas mengandung asam oskalat yang tinggi yang jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal. Selain itu, kandungan gulanya yang tinggi bisa berbahaya jika dikonsumsi  berlebihan.

loading...

1 komentar:

Ziyn said...

Permisi, ijin share bos
Silahkan kunjungi www.jualnanas.com

loading...