loading...
loading...
Keripik pisang khas Lampung berbahan baku pisang khusus yaitu pisang kapok Manado. Rasa pisang ini tawar sehingga apabila ditambahakan aneka rasa : starubery, cokelat, balado, sapi panggang dll dapat memili cita rasa tersendiri dibandingkan dengan menggunakan pisang lainnya, seperti pisang jantan, apalagi pisang raja atau yang lainnya. Dan pisang ini merupakan resep yang tidak semua orang tahu, terlebih lagi kadang pisang ini juga sulit dicari di pasar-pasar tradisional termasuk di Lampung sendiri. Hal ini dikarenakan rasa tawarnya sehingga orang enggan untuk membelinya untuk dikonsumsi langsung.

Harga pisang ini relative murah dan memliki perbedaan dibandingkan dengan pisang lainnya. Untuk Harga memang relative fluktuatif juga mengikuti permintaan pasar dan stok yang tersedia. Mengenai perbedaannya, pisang kepok Manndo buahnya lebih besar dan kulitnya bersih agak keputihan. Namun baiknya ketika akan membuat keripik pisang khas Lampung ini coba mencari di pasar-pasar tradisional, dan coba tanyakan ke pedagang di sana.
Mengenai Racikan Bumbunya
Mengenai racikan bumbunya kita bisa coba –coba sesuai dengan selera. Misalnya pisang cokelat ya kita beli bumbu cokelat, dicampur dengan gula putih bentuk serbuk (tepung), ditambah susu bubuk, dan bumbu lainnya sesuai selera.  Untuk yang lainnya kita bisa coba-coba juga : rasa straubery, melon, cokelat, balado, sapi panggang, dll.

Berikut resep keripim pisang khas lampung :
Bahan keripik pisang coklat:
  • 1 kg pisang kapok Manado
  • 30 gr coklat bubuk
  • 50 gr gula halus
  • 30 gr tepung maizena, sangrai
  • Garam secukupnya
  • kapur sirih secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
Cara membuat keripik pisang coklat:
  1. Kupas pisang, kemudian rendam dalam air yang telah diberi garam selama 1 jam
  2. Kemudian, iris pisang tipis-tipis dan rendam kembali kedalam air garam sebentar
  3. Pindahkan irisan pisang ke dalam air yang telah dberi kapur sirih dan diamkan selama 30 menit.
  4. Setelah 30 menit, pindahkan irisan pisang ke dalam air garam. Biarkan sambil menunggu minyak panas
  5. Panaskan minyak dan goreng keripik pisang dengan menggunakan api sedang sampai matang kecoklatan
  6. Angkat dari dalam minyak dan tiriskan
Cara membuat lapisan coklat:
  1. Campur tepung maizena yang telah disangrai dengan coklat bubuk dan gula halus, aduk sampai rata
  2. Masukkan lapisan coklat kedalam tempat tertutup, kemudian masukkan keripik pisang yang telah dingin, kocok-kocok sampai tercampur rata dan lapisan coklat menutupi semua permukaan keripik pisang
  3. Simpan keripik pisang coklat ke dalam wadah yang tertutup rapat supaya tidak mudah melempem
Keterangan:
Irisan pisang direndam bergantian di dalam air garam dan air kapur sirih supaya pisang tidak berubah warna mejadi kehitaman dan rasa keripik yang dihasilkan nanti lebih renyah
loading...

0 komentar:

loading...