loading...
loading...
Selain buah mangga ada juga buah lainnya yang dapat dijadikan cemilan seperti manisan yaitu buah pepaya. Langkah pembuatan buah pepaya menjadi manisan enak ini cukup mudah untuk dibuat hanya saja memakan waktu hingga berhari-hari sehingga diperlukan kesabaran yang eksta pada saat pembuatannya. Buah pepaya yang digunakan pada pembuatan manisan pepaya adalah jenis pepaya mgnkal. Pepaya ini mual-mula dikupas kulitnya lalu dipotong dengan ukuran cukup kecil serta tidak terlalu tebal. Pada proses pengolahannya menjadi manisan pepaya ada dua cara penyajian manisan pepaya yang dapat anda pilih yaitu manisan pepaya kering dan manisan pepaya basah. Keduanya sama-sama memerlukan waktu hingga berhari-hari dengan tahap penyajian yang berbeda. Selengkapnya mengenai proses penyajian manisan pepaya dapat anda simak dalam resep cara membuat manisan pepaya segar berikut ini.
Manisan Pepaya Kering
Bahan-bahan
  • Pepaya mengkal 1 buah, kupas kulitnya lalu potong kecil-kecil
  • Garam 2 sendok makan
  • Gula pasir 750 gram
  • Air 250 ml
  • Kapur sirih 1 sendok makan, larutkan dalam 2000 ml air
Langkah Membuat Manisan Pepaya Kering
  1. Siapkan wadah baskom lalu isikan dengan potongan kecil buah pepaya.
  2. Campurkan potongan buah pepaya dalam wadah baskom dengan taburan garam. Aduk-aduk sampai tercampur secara merata.
  3. Berikutnya siapkan wadah baskom lain dan isikan dengan 2000 ml air lalu campurkan dengan 1 sendok makan kapur sirih aduk merata. Kemudian masukkan potongan buah pepaya yang sudah dicampurkan dengan garam ke dalam larutan air kapur sirih yang sudah disiapkan tadi. Biarkan hingga 2 jam lamanya sampai meresap. Setelah itu, angkat dan cuci bersih lalu tiriskan.
  4. Tahap selanjutnya dalah menaburkan gula pasir sebanyak 250 gr pada potongan buah pepaya yang sebelumnya sudah direndam dalam air kapur sirih dan juga sudah dicuci bersih. Aduk merata dan tunggu hingga 60 menit lamanya supaya gula meresap ke dalam potongan pepaya dan terasa lebih manis.
  5. Sementara itu, masak air hingga matang dengan tambahan gula pasir yang masih tersisa. Aduk sampai larut dan angkat setelah mendidih.
  6. Tuangkan potongan buah pepaya yang sudah dicampurkan dengan gula pasir ke dalam larutan air gula dan rendam hingg 12 jam lamanya.
  7. Terakhir, keringkan hasil rendaman manisan pepaya dengan cara dijemur langsung di bawah panas matahari sampai benar-benar kering. Proses penjemuran ini memakan waktu hingga 2 hari lamanya.
Jika anda ingin membuat manisan pepaya yang lebih simple lagi anda bisa mencoba membuatnya seperti berikut ini.

Manisan Pepaya Basah
Bahan-bahan
  • Pepaya mengkal 1 buah
  • Gula pasir 1 kg
  • Garam 4 sendok makan, larutkan dalam 1000 ml air
  • Kapur sirih 3 sendok teh, larutan dalam 1000 ml air
Langkah Membut Manisan Pepaya Basah
  1. Kupas buah pepaya lalu potong tipis saja kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah berisikan larutan garam. Rendam sampai potongan buah pepaya menjadi layu lalu angkat dan tiriskan.
  2. Berikutnya masukkan potongan buah pepaya ke dalam wadah lain yang sudah berisikan larutan kapur sirih. Rendam selama 12 jam lamanya (lakukan pada malam hari).
  3. Setelah itu cuci bersih potongan pepaya.
  4. Selanjutnya, campurkan potongan buah pepaya dengan taburan 200 gr gula pasir. Aduk merata dan biarkan hingga 2 jam lamanya sampai meresap dan berair lalu tiriskan dan pisahkan dari airnya.
  5. Ambil air gula dari bekas camuran gula pasir dengan potongan pepaya lalu tambahkan kembali dengan 150 gr gula pasir baru dan didihkan sampai menjadi kental. Angkat lalu siramkan pada potogan pepaya dan simpan dalam toples hingga 12 jam lamanya. Ulangi tahap ini hingga 2 kali sampai air gula lalu tiriskan.
Manisan pepaya basah sudah jadi dan siap disajikan.

loading...

0 komentar:

loading...