loading...
loading...


Penyembuhan PenyakitJantung – Jika Anda didiagnosis menderita penyaki jantung “obatnya” adalah pencegahan atau  penyembuhan melalui diet, olahraga dan melakukan perlindungan melalui TSH, oba penurun kolesterol dan mungkin juga obat penurun tekanan darah. Diperkirakan sekitar 90% penyakit jantung dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup.
Penyembuhan Penyakit Jantung
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam penyembuhan penyakit jantung yang merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan menelan banyak korban setiap tahunnya. Berikut adalah penerapan gaya hidup sebagai langkah awal dari proses penyembuhan penyakit jantung, diantaranya adalah :
Perubahan gaya hidup
Sejumlah informasi pada dua poin berikut dapat menghasilkan “perubahan gaya hidup” yang anda perlukan. Selain itu, jangan lupa pula untuk berhenti merokok (jika anda perokok) dan mengurangi stress sebagai resep anda menuju hidup yang sehat
Makanan yang dianjurkan
Menjaga kesehatan jantung bagi wanita juga bisa dilakukan dari perut. Pencegahan paling manjur bisa diawali dari pola makan renah lemak untuk jantung sehat.
Memahami lemak
Lemak secara teknis disebut asam lemak yang merupakan nutrisi penting bagi sel-sel kita. Kita tidak dapat hidup tanpa asam lemak alias lemak. Jika anda meneliti setiap molekul lemak, anda tahu ada 3 jenis asam lemak : asam lemak jenuh (padat), asam lemak tak jenuh tunggal monounsaturated (lembek dengan perkecualian minyak zaitun dan minyak kacang), serta asam lemak yak jenuh majemuk polyunsaturates (cair). Jika anda menemui istilah ‘lemak tak jenuh” yang dimaksud adalah asam lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh berganda.
Ketiga jenis asam lemak tersebut bergabung dengan gliserol dan membentuk tirgliserida. Setiap molekul lemak adalah rangkaian yang tersusun dari gliserol, atom karbon, dan atom hidrogen. Semakin banyak atom hidrogen yang terdapat pada rangkaian tersebut lemak itu pun makin jenuh atau padat.
Pangkas asupan karbohdirat
Lemak bukan satu-satunya hal yang dapat membuat tubuh anda berelmak alias gendut. Bagaimanan dengan karbhdirat? Apakah Anda tahu bahwa pola makan dengan kadungan karbohidrat yang tinggi dapat membuat tubuh berlemak dan identik dengan risiko penyakit jantung/ itu karena karbohdirat artinya bahan makanan yang mengandung zat tepung, seperti beras, pasta, roti atau kentang yang jika dikonsumsi belebih akan terseimpan menjadi lemak.
Memahami gula
Penyakit jantung tidak hanya dialamatkan pada seseorang yang memiliki kadar lema tinggi dalam tubuh maupun darah. Penyakit jantung timbul juga akibat adanya suatu komplikasi penyakit yang membawa dampak resiko pada penyakit jantung yakni penyakit gula atau yang disebut dengan diabetes mellitus. Gula dapat ditemukan secara alami di berbagai bahan pangan yang kita makan. Bentuk gula paling sederhana adalah glokosa yang merupakan gula darah atau glukosa darah yakni bahan bakar utama dalam tubuh kita.
Segala bentuk jenis makanan maupun minuman yang kita konsumsi sehari-harinya pastinya memiliki kadar vitamin, mineral, zat besi, protein, karbohidrat, lemak, kalori dan sumber lainnya secara berlebih atau berkurang. Tentunya kandungan-kandungan tersebut akan memberi suatu dampak positif atau negatif dalam tubuh kita. Namun semua tergantung bagaimana individu itu sendiri mengatur pola hidup dan pola makan yang baik.
Penyembuhan Penyakit Jantunug dengan Obat
Penyembuhan penyakit jantung dengan menggunakan obat adalah :
1.       Obat jantung
Pemberian obat jantung biasanya digunakan untuk penyakit gagal jantung dan penyakit jajntung aritmia. Gagal jantung merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan kasus serius, dimana darah yang dipompa oleh jantung jumlahnya dalam setiap menitnya tidak bisa memenuhi kebutuhan untuk tubuh secara normal akan oksigen serta zat zat makanan.
2.      Obat golongan antiangina
Obat untuk penyembuhan penyakit jantung dengan pemberian obat kardiovaskular golongan antiangina biasanya digunakan untuk membantu mengatasi masalah pada jantung dalam bentuk nyeri di dada yang terjadi sementara atau juga disebabkan karena perasaan yang sangat tertekan  dan terjadi jika otot di dalam jantung mengalami masalah kekurangan asipan oksigen yang biasanya disebut sebagai angina pectoris.
3.      Obat golongan ace inhibitor
Obat golongan ini, beta blker, angiosten II yang biasanya digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah yang sangat tinggi dan baisanya bisa dikomibinasikan juga dengan  obat diuretik. Untuk mmebantu mengurangi terjadinya penimbunan cairan yang bisa membuat jumlah darah mengalami penurunan yang masuk ke jantung sehingga akan membuat beban kerja jantung menjadi berkurang.
4.      Golongan beta bloker
Golongan obat beta bloker adalah salah satu obat yang bisa menghambat efek dari sistem saraf simpatis.
5.      Golongan antagonis kalsium
Obat kardiovaskular jenis golongan antagonis kalsium biasanya dipakai untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan biasanya dikombinasikan dengan pemberian obat beta bloker.
6.      Golongan antagonis angiostein II dan kombinasinya
Pemberian obat ini biasanya digunakan untuk penyakit gagal jantung kingestif dan juga untuk penyakit ginjal yang masih dalam tahap penelitian.
Tujuan dari penyembuhan penyakit jantung adalah untuk membantu menghilangkan rasa sakit jantung dan juga kecemasan. Kedua adalah untuk mencegah serta mengobati terjadinya komplikasi yang besar sekitar 30-40% yang sangat serius kasusnya misalnya adalah penyakit payah jantung, aritmia, thrombo-embolisme, pericarditis, ruptur m, papillaris, aneurisma, ventrikel, infark ventrikel kanan iskemia yang berulang serta masalah kematian mendadak. Biasanya untuk sakit diberikan obat sulfas morphin 2,5-10 mg IV.
Penyembuhan Penyakit Jantung

Penyembuhan Sakit Jantung

Penyembuhan sakit jantung- Sakit jantung adalah suatu yang membutuhkan penanganan yang cepat. Semakin cepat penanganan yang dapat diberikan maka akan semakin besar kemungkinan penderita dapat diselamatkan. Sedangkan Jantung juga memerlukan oksigen dan zat makanan sebagai sumber energi agar dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung akan bekerja baik jika pasokan dan pengeluaran seimbang. bahaya penyakit jantung lainnya jika pembuluh darah koroner tersumbat atau menyemkpit itu artinya pasokan makanan berkurang. Pasokan zat makanan ke jantung harus selalu lancar karena jantung terus bekeraja tanpa henti. Bagian yang bertugas memasok oksigen dan zat makanan ini adalah pembuluh darah koroner. Jadi penyakit jantung koroner adalah penyempitan atau tersumbatnya pembuluh darah arteri jantung yang disebut pembuluh darah koroner.
Dan sebelum mengambil tindakan Penyembuhan Sakit Jantung, hal yang paling penting adalah kenali gejala dan pastikan Apakah keluhan yang dialami merupakan gejala sakit jantung. dan gejala serangan jantung dapat bervariasi dari derajat yang paling ringan hingga berat secara umum, gejala sakit jantung tersebut adalah sebagai berikut.
§  Rasa nyeri di sekitar dada yang akan bertahan selama beberapa menit (lebih dari 5 menit) atau hilang timbul, keluhan rasa nyeri seperti di tekan atau diremas atau bahkan ditusuk. Lokasi nyeri biasanya dikiri atau terletak di tengah dada. Rasa nyeri di dada ini sifatnya sangat spesifik artinya rasa nyeri dengan karakteristik ini hampir sellalu timbul pada serangan jantung. apabila hanya ada satu gejala yang dapat anda temukan, pastikan lah keluhan rasa nyeri tersebut ada.
§  Rasa nyeri dapat menjalar atau menjadi rasa yang tidak nyaman atau kesemutan dibahu, lengan atas, punggung, leher atau, bahkan rahang dibawah.
§  Rasa sulit bernapas atau merasakan napas menjadi pendek.
§  Timbulnya keringat dingin.
§  Rasa mual, lemah secara tiba-tiba
§  Rasa pusing atau kepala terasa ringan
§  Denyut jantuk akan merasakan menjadi tidak teratur.

Upaya untuk melakukan Pencegahan Sakit Jantung diantara nya adalah :
Kesalahan dalam mengkonsumsi makanan atau dalam mengatur pola makan. Kebanyakan orang yang menderita penyakit jantung ditemui penyebabnya adanya lemak yang berlebih dalam tubuh sehingga mengganggu kerja jantung. Tak ada salahnya mulai saat ini cobalah untuk mengatur pola makan yang baik dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak, rendah kalori. Sehingga tidak membuat kadar kolesterol tubuh menjadi tinggi. Tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh inilah yang mengakibatkan komplikasi pada sakit jantung itu muncul.
Sebaiknya untuk Mengkonsumsi buah dan sayur yang penuh dengan serat akan baik untuk pencegahan penyakit jantung dalam tubuh anda. Setelah 2-6 minggu mulai tingkatkan konsumsi buah dan sayur secara perlahan untuk asupan gizi tubuh anda. Dalam meningkatkan konsumsi buah tidak dapat dilakukan dengan drastis karena hasilnya tidak akan maksimal.
2.     Melakukan upaya medical cek up
Jika anda termasuk seorang yang menderita penyakit jantung, untuk pencegahan penyakit jantung tersebut lebih barah sangat disarankan untuk rajin atau secara berkala melakukan pemeriksaan ke dokter yang sudah merawat anda selama anda menderita sakit jantung ini. Pemeriksaan yang dilakukan berjutuan untun mengetahui terhadap fungsi kerja jantung, guna untuk mengetahui kemampuan dan kinerja jantung serta perawatan dan pengobatan jantung anda.
3.     Harus dapat mengatur waktu yang baik
Sangat penting sekali untuk mengatur waktu atau membagi waktu baik untuk bekerja , istirahat dan berlibur dll yang mampu menjadi pencegahan penyakit jantung. Tubuh juga memerlukan waktu istirahat yang cukup, terutama untuk memberi waktu jeda atau istirahat terhadap organ-organ yang penting bagi tubuh, seperti jantung, mata, dan otak. Apabila suatu pekerjaan yang dilakukan termasuk dalam bidang pekerjaan yang cukup berat dan menguras tenaga serta pikiran. Istirahat merupakan hal yang paling penting dilakukan untuk menghindari terjadinya serangan penyakit jantung mendadak yang dapat menyerang anda sewaktu-waktu.
Berbagai macam upaya untuk Penyembuhan Sakit Jantung diantara nya adalah :

§  Penyembuhan Sakit Jantung yang pertama adalah dengan memperhatikan berat badan anda saat ini perlu sangat dimengerti bahwa suatu kondisi badan anda amat snagat berpengaruh bagi kesehatan jantung anda. Orang yang menderita obesitas atau masalah kegemukan tentunya akan beresiko lebih besar terkena penyakit jantung karena mereka memiliki kadar kolestrol jahat yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan yang ideal. Untuk Penyembuhan Sakit Jantung dengan melakukan diet dan juga dengan olahraga secara teratur.
§  Penyembuhan Sakit Jantung yang kedua adalah dengann merubah kebiasaan merokok anda. Karena merokok tidak hanya dapat memperparah kondisi jantung anda, tetapi merokok juga dapat menyebabkan bermacam-macam gangguan kesehatan lainnya seperti kanker, dan impotensi. Satu hal lagi kebiasaan buruk yang harus anda jauhi yaitu mengkonsumsi minum-minuman yang mengandung alkohol. Hal tersebut merupakan Penyembuhan Sakit Jantung.

Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner

Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner – Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung dimana suplai aliran darah koroner tidak cukup sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan metabolik otot jantung pada setiap saat. Karena itu banyak penderita PJK tidak dapat beralan cepat, bahkan ada di antaranya berjalan sejauh 20 meter saja kelelahan dan merasakan nyeri di sekitar dada.

Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner
Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner meliputi perubahan gaya hidup, obat-obatan dan prosedur khusus. Perubahan gaya hidup seperti :
§  Diet sehat, mencegah atau menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan mempertahankan berat badan sehat.
§  Berhenti merokok
§  Olahraga
§  Mengurangi berat badan
§  Mengurangi dan menghindari stress
Jadi, Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner selain harus mengkonsumsi obat-obatan setiap hari sesuai dengan dosis yang dianjurkan, penderita PJK sangat dianjurkan menjaga ketenangan jiwa dan emosi Penderita PJK dianjurkan mampu memilih respons yang masuk melalui panca indera supaya pikiran selalu memberikan realsi yang baik terhadap berbagai macam input yang masuk.
Diagnosis Penyakit Jantung Koroner
Hal yang dilakukan untuk memberikan penatalaksanaan dari penyakit maka dokter harus mengetahui terlebih dahulu tentang penyakit atau juga diagnosis pasien. Biasanya dokter akan mengumpulkan bannyak informasi baik berupa keterangan subjektif dan objektif dan kemudian setelah itu mengambil suatu kesimpulan. Pemilihan dari jenis penyembuhan biasanya ditentukan berdasarkan oleh jenis penyakit dan juga tingkatan derajatnya. Dokter akan mewawancarai paisen mengenai keluhan yang dirasakan. Setelah itu, dokter akan menanyakan mengenai hal lainnya tentang riwayat kesehatan Anda misalnya apakah Anda penderita penyakit tekanan darah tinggi atau juga penyakit gula atau penyakit diabetes dan hal lainnya yang bisa menunjang keterangan. Kemudian jika sudah menanyakan beberapa hal yang dianggap berhubungan erat dengan penyakit jantung, maka dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan tujuan untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada jantung. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan alat stetoskop.
Pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan semuanya adalah tergantung dari berbagai jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan dalam menegakkan diagnosa dari penyakit jantung koroner dan dalam menentukan tingkatan derajatnya. Dimulai dari hal yang sederhana sampai hal yang sifatnya invasif.
Pemeriksaan penunjang tersebut adalah :
1.       Elektorkardiogram (EKG)
Pemeriksaan dari aktivitas listrik jantung dan juga dari gambaran pada EKG adalah salah satu bentuk pemeriksaan penunjang untuk bisa memberikan suatu petunjuk dari adanya suatu penyakit jantung koroner. Dengan cara melakukan pemeriksaan ini maka kita akan mengetahui apakah sudah muncul tanda. Misalnya dalam bentuk serangan jantung yang terdahulu, penyempitan yang terjadi atau mengalami serangan jantung yang baru saja terjadi dan juga pada masing-masing yang biasanya akan memberikan suatu gambaran yang berbeda.
2.      Foto rontgen dada
Dari rontgen dada yang dilakukan biasanya dokter akan melihat ukuran dari jantung, ada atau tidaknya suatu pembesaran. Selain itu juga bisa juga dilihat dari gambaran bentuk paru. Dan kelainan yang terjadi pada koroner biasanya tidak bisa dilihat dari rontgent ini. Dan dari ukuran jantung maka akan bisa dimilai apakah seseorang mengalami penyakit PJK yang lanjut. Mungkin saja penyakit jantung koroner yang lama biasanya sudah berlanjut pada kasus payah jantung. Gambaran biasanya akan terbentuk pada terjadinya pembesaran pada jantung.
3.      Pemeriksaan laboratorium
Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kadar dari jumlah kolesterol darah serta trigliserida sebagai salah satu faktor resiko penyakit jantung. Dan pemeriksaan darah juga dilakukan bisa diketahui ada atau tidaknya suatu serangan kasus jantung akut dengan cara melihat adanya suatu kelainan enzim jantung.

Pemeriksaan Treadmill
Dan jika semua pemeriksaan diatasi masih belum bisa menegakkan diagnosa Penyakit jantung koroner, maka biasanya dokter jantung kardiologis akan memberikan rekomendasi untuk melakukan treadmill. Treadmill merupakan suatu alat yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan diagnostik pada penyakit jantung koroner. Misalnya adalah berupa berjalan sama dengan alat olahraga yang lainnya, namun treadmill ini digunakan dengan cara dihubungkan dengan monitor dan juga alat rekam EKG. Prinsip dari alat ini adalah merekam semua aktivitas fisik pada jantung disaat sedang melakukan atihan. Dan bisa terjadinya suatu perubahan pada gambaran EKG saat Anda sedang melakukan aktivitas, yang memberikan suatu petunjuk dari adanya penyakit PJK. Hal ini biasanya disebabkan karena organ jantung memiliki tenaga serap sehingga untuk keadaan tertentu dalam keadaan sedang istirahat, EKG akan menunjukkan suatu gambaran yang normal.
Kemudian dari hasil latihan treadmill ini maka akan diduga apakah seseorang menderita penyakit PJK. Jika memang tidak terjadi 100% karena pemeriksaan menggunakan treadmill ini mempunyai sekitar 84% tingkat sensitif pada pria sedangkan untuk wanita hanya berkisar antara 72% saja. Berarti hal ini masih ada suatu kemungkinan meleset antara 16%, artinya sekitar 100 persen orang yang menderita penyakit jantung koroner yang terbukti hanya berkisar 84 orang saja.
Pemeriksaan treadmill merupakan salah satu jenis pemeriksaan Golden Standart sampai sekarang karena dengan sangat jelas bisa terlihat tingkat dari terjadinya suatu penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah arteri koroner, apakah terjadi ringan, sedang berat dan juga bahkan total. Pemeriksaan lainnya adalah dengan katerisasi jantung. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk memasukkan kateter semacam siang yang seukuran lidi.
Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner

Cara Mencegah Penyakit Jantung

CaraMencegah Penyakit Jantung – Penyakit jantung adalah termasuk penyakit yang menyebabkan kematian terbesar di Dunia. Darah yang ada dalam tubuh manusia tidak akan ada fungsinya bila jantung berhenti berdenyut, karena jantung yang bertugas untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jantung adalah bagian tubuh yang sangat vital, orang yang sakit jantung apalagi yang sempat mengalami pembengkakan pada jantungnya dia akan merasakan rasa nyeri dan sakit luar biasa.

Penyembuhan Penyakit Jantung secara Alami
Penyembuhan penyakit jantung bisa dilakukan secara alami yakni adalah dengan cara dibawah ini :
1.       Jalan 30 menit dalam setiap harinya
Penyembuhan penyakit jantung dilakukan dengan berjalan setiap 30 menit dalam setiap harinya. Hal ini akan membantu untuk menurunkan resiko dari terjadinya penyakit jantung sebesar 30%, mengenali tekanan darah melakukannya sampai mencapai sekitar 115/75, dan melakukan olahraga secara teratur, mengurangi jenis makanan lemak dan menurunkan berat badan serta menghilangkan lemak di perut karena bisa menutupi organ-organ yang sangat penting disaat lemak perut mengalami oenurunan tekanan darah yang sangat dibutuhkan biasanya hal ini akan menurun drastis.
2.      Makanlah kacang-kacangan
Mengonsumsi kacang-kacangan sebanyak 250 g dalam setiap harinya akan membantu meningkatkan kadar kolesterol yang baik dan juga biisa membantu untuk menurunkan terjadinya peradangan, kacang bisa membuat jantung menjadi sehat karena kandungan asam lemak yang ada di dalamnya adalah asam lemak omega 3, tinggi protein dan mengandung serat.
3.      Saos tomat
Sebaiknya mengusahakan untuk makan 10 sdm saos tomat dalam seminggu, saos tomat yang mengandung kandungan kalium yang bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah maka Anda harus memilih saos biasa yang sehat.
4.      Buah strawberry
Buah strawberry mengandung kandungan antiperadangan yang membantu untuk menurunkan resiko dari terjadinya resiko serangan penyakit jantung dan penyakit kanker yang bisa membantu untuk memperbaiki vaskuler.

Penyembuhan Penyakit Jantung Tradisional
Penyembuhan penyakit jantung secara tradisional juga bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan alami. Penyembuhan penyakit jantung dengan bahan alami adalah :

1.       Sukun
Kandungan flavonoid dan sitosterol yang ada di dalam daun sukun bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, selain itu juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi dan bisa menghambat terjadinya akumulasi pada dinding pembuluh darah aorta. Caranya adalah dengan mengambil 1 lembar daun sukun yang tua yang baru saja dipetik dari pohon kemudian rebuslah dengan menggunakan 5 gelas air sampai air yang tersisa adalah setengahnya saja kemudian tambahkanlah lagi dengan 5 gelas asir rebus lagi sampai air yang tersisa adalah setenganya saja kemudian saring dan minum airnya untuk sehari. Lakukanlah cara ini sampai seminggu.
2.      Kunyit
Khasiat dari kunyit salah satunya adalah untuk membantu melarutkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah yang membuat pembuluh darah mengalami penyumbatan. Cara membuat ramuan ini adalah parutlah 4 ruas jari kunyit dan kemudian seduhlah kunyit tadi menggunakan air panas sebanyak ½ gelas selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu saringlah dan minumlah sarinya ditambahkan dengan gula jawa atau dengan madu murni secukupnya saja.

Cara Mencegah Penyakit Jantung
1. Pola Makan Sehat
Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.
Sebisa mungkin, produk makanan yang dimakan rendah lemak atau tanpa lemak. Pilih susu, keju, mentega atau makanan lain yang rendah lemak. Menggoreng dengan menggunakan minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga bisa menjadi pilihan bila harus mengolah makanan dengan cara digoreng.
Selain menghindari makanan berlemak, hindari juga makanan dengan kandungan gula tinggi seperti soft drink. Jangan pula tertalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebaliknya, konsumsi oat atau gandum yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.
Jaga pola makan tidak berlebihan agar terhindar dari kegemukan, karena seseorang yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm, berisiko lebih besar terkena penyakit ini.
2. Berhenti Merokok
Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka Cara Mencegah Penyakit Jantung segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.
3. Hindari Stress
Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.
4. Olahraga Secara Teratur
Dapat dilakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.
5. Konsumsi Antioksidan
Polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menciptakan timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran.
Cara Mencegah Penyakit Jantung
Tips Agar Jantung Tetap Sehat

Tips Agar Jantung Tetap Sehat – Jantung merupakan organ paling vital bagi kehidupan manusia. Fungsi utama jantung adalah mengalirkan darah ke seluruh organ tubuh dan membawa makanan bagi sel-sel organ tubuh. Selanjutnya, darah akan mengalir kembali ke jantung, lalu dialirkan kembali ke tubuh. Proses ini terjadi secara terus-menerus.

Gejala Penyakit Jantung
Seseorang kemungkinan besar mengalami serangan jantung, karena terjadi iskemia miokard atau kekurangan oksigen pada otot jantung, yaitu jika mengeluhkan adanya nyeri dada atau nyeri hebat di ulu hati (epigastrium), yang bukan disebabkan oleh trauma, terjadi pada laki-laki berusia di atas 35 tahun atau perempuan berusia di atas 40 tahun.
Gejala utama serangan penyakit jantung diantaranya :
§  Nyeri yang terus-menerus pada dada
§  Nyeri pada lengan dan rahang
§  Nyeri timbul secara mendadak dan sangat sakit sehingga kerja jantung menjadi tidak efisien, akibatnya pasokan darah ke otot jantung berkurang
Kondisi tersebut sangat berbahaya, karena jantung hanya dapat berfungsi tanpa pasokan ini dalam jangka waktu pendek, hanya sekitar 20 menit.
Tips Agar Jantung Tetap Sehat
1.       Menjaga rutinitas fisik dan berolahraga
2.      Menyeimbangkan jumlah kalori yang didapat dengan aktivitas fisik dan berolahraga
3.      Menurunkan berat badan jika terjadi obesitas
4.      Berhenti merokok dan menghindari orang yang merokok
5.      Mengontrol tekanan darah
6.      Mengontrol kadar kolesterol darah
7.      Mengontrol kadar gula darah ( penyakit diabetes)
8.     Tips Agar Jantung Tetap Sehat Mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol, gula dan garam serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.
Tips agar jantung tetap sehat adalah tetap menjaganya dengan melakukan beberapa hal yang harus diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Tips agar jantung tetap sehat adalah :
1.       Mengubah pola hidup lebih baik.
2.      Berhenti merokok serta mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol.
3.      Melakukan olahraga secara teratur yang membantu untuk menguatkan otot jantung serta membantu untuk melancarkan peredaran darah. Untuk penderita penyakit jantung maka bisa melakukan olahraga ringan misalnya adalah seperti jalan kaki, jogging, senam dan yoga.
4.      Mengonsumsi jenis makanan yang rendah lemak dan menjaga berat badan agar tidak mengalami masalah obesitas.
5.      Mengurangi jenis makanan yang mengandung gula karena salah satu penyebab dari penyakit jantung adalah karena penyakit diabetes.
6.      Mengonsumsi jus mengkudu yang bisa membantu menurunkan resiko dari penyakit jantung.
7.      Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung zat antioksidan tinggi untuk menetralisir radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung. Misalnya Anda bisa mengonsumsi buah naga, buah manggis atau kulit manggis yang mengandung antioksidan sangat tinggi serta buah sirsak.
8.     Dan selain itu juga mengonsumsi sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung misalnya adalah dengan mengonsumsi sayuran brokoli baik untuk membantuk memenuhi asupan zat antioksidan di dalam tubuh. Radikal bebas akan membuat endapan yang terjadi pada pembuluh darah sehingga membuat aliran darah mengalami penyumbatan. Zat antioksidan bisa menangkap dan bisa mengeluarkan radikal bebas di dalam tubuh.
9.      Kurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat misalnya adalah seperti roti, nasi dan juga gandum.
10.  Mengonsumsi madu murni untuk membantu menguatkan otot jantung. Kandungan zat gul alami, garam, serta mineral di dalamnya akan membuat otot jantung menjadi lebih kuat sehingga kerja jantung akan menjadi lebih optimal lagi.
11.   Kelola stres dngan baik dan menjaga tekanan darah agar tidak mengalami penyakit darah tinggi. Penyakit hipertensi darah tinggi akan membuat dinding pada arteri jantung mengalami luka. Hipertensi akan memungkinkan terjadinya kolesterol LDL yang memasuki suatu saluran arteri dan akan meningkatkan terjadinya penumpukan plak.

Penyembuhan Penyakit Jantung secara Tradisional
Penyembuhan penyakit jantung menggunakan bahan alami beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan beberapa ramuan alami seperti dibawah ini :
Alpukat By Diemausi.com

1.       Buah alpukat
Buah alpukat akan membuat kelambatan penyerapan karotenoid khususnya adalah betakaroren dan likopen. Kedua jenis zat ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena bisa membantu menurunkan kadar kolesterol buruk selain itu juga bisa terus sambil bekerja dalam menaikkan kadar HDL yang ada di dalam tubuh.
2.      Ubi jalar
Manfaat dari ubi jalar salah satunya adalah penyembuhan penyakit jantung dalam membantu melancarkan sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan dan membantu melancarkan sistem peredaran di dalam tubuh karena kandungan zat fotinutrien yang ada di dalamnya. Selain itu juga kandungan fitonutrien di dalam ubi jalar membantu untuk menekan gula darah agar tetap dalam keadaan normal dan bisa menjadi lebih efektif dalam menjauhkan dari penyakit jantung.
Sedangkan penyembuhan penyakit jantung dengan menggunakan obat dokter adalah dibagi dengan 4 kategori besar, yakni adalah ;
1.       Obat gagal jantung
2.      Obat jantung untuk aritmia
3.      Obat jantung untuk hipertensi
4.      Obat jantung untuk angina.
Pemberian obat jantung pada penyembuhan penyakit jantung ini  adalah :
1.       Obat gagal jantung jenis Digoxin yang membantu meningkatkan setoap denyut jantung serta melambatkan denyut jantung yang berdetak dengan terlalu cepat.
2.      Obat jantung jenis aritmiau untuk membantu ketidakaturan pada irama jantung.
3.      Obat jantung jenis antihipertensi digunakan untuk obat jantung jenis antihipertensi yang bisa membuat pembuluh darah melebarkan arteri, vena atau juga bahkan keduanya.
4.      Obat jantung antiangina untuk mengatasi masalah angina pectoris.
Tips Agar Jantung Tetap Sehat
Cara Mengobati Penyakit Jantung
CaraMengobati Penyakit Jantung – Serangan dapat dikatakan sesuatu yang bergerak mendadak atau tiba-tiba, seperti satu peleton tentara dapat menaklukkan musuhnya dengan suatu serangan yang mendadak. Pengertian serangan yang dikaitkan dengan organ tubuh yang bernama “jantung”, menjadi sebuah penyakit yang berbeda dengan penyakit lainnya.

Serangan Penyakit Jantung
Serangan jantung adalah suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung (myocardium) akibat berkurangnya pasokan darah ke area otot itu secara mendadak. Berkurangnya pasokan darah ke jantung secara tiba-tiba dapat terjadi ketika salah satu nadi koroner terblokade selama beberapa saat, entah akibat spasme (mengencangnya nadi koroner) atau akibat penggumpalan darah (thrombus). Berkurangnya pasokan darah ke jantung ini akan berakibat otot jantung rusak secara permanen, hingga otot mati (infark). Gejala ini bisa terjadi pada siapapun dan tidak lepas dari gaya hidup dan pola hidup yang tidak teratur.
Serangan jantung bisa berakhir dengan sudden death, kematian yang tidak terduga atau proses kematian yang terjadi cepat. Serangan jantung ini bisa mengganggu dan bahkan menghentikan irama jantung.
Penyebab Serangan Jantung
Penyebab serangan jantung paling umum adalah penyumbatan (oklusi) arteri koroner setelah pecahnya plak aterosklerotik, yaitu tumpukan lipid (asam lemak) dan sel-sel darah putih pada dinding arteri koroner yang memasok darah ke jantung. Plak yang pecah menciptakan gumpalan-gumpalan bekuan darah. Jika bekuan cukup besar maka dapat menutup sebagian atau seluruh arteri, yang mengakibatkan serangan jantung.
Diagnosis Cara Mengobati Penyakit Jantung 
Untuk mendiagnosis penyakit jantung, tes yang harus dilakukan meliputi :
1. Elektrokardiogram (ECG)
Pembacaan impuls listrik jantung. Terkadang tes ini dilakukan bersamaan dengan berolahraga dengan sepeda statis atau treadmill
2. Tes Darah
Tes ini dilakukan untuk mengukur tingkat zat dilepaskan ke dalam darah ketika otot jantung rusak
3. Angiogram atau Kateterisasi Jantung
Rontgen khusus untuk arteri koroner
Cara Mengobati Penyakit Jantung
Hal yang dapat dilakukan untuk Cara Mengobati Penyakit Jantung adalah :
§  Obat
Untuk melarutkan gumpalan darah yang memblokir arteri koroner
§  Angioplasty dan Implantasi Stent
Yaitu prosedur untuk membuka arteri koroner yang tersumbat dengan menggunakan balon di titik penyempitan. Setelah arteri terbuka, tabung logam khusus yang dapat menggelembung (stent) ditempatkan agar tetap terbuka.
§  Operasi Bypass
Adalah operasi di mana aliran darah dialihkan dari area penyempitan di arteri koroner
§  Penggunaan Obat Jangka Panjang
Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko gangguan jantung lebih lanjut. Obat-obatan ini mungkin mencakup dosis kecil aspirin reguler, obat penurun kolesterol, beta-blocker dan penghambat ACE (angiotensin-converting enzyme).
§  Defibrilator Implan Jantung (ICD)
Perangkat kecil yang kadang-kadang ditanam di dekat jantung untuk mengelola irama jantung abnormal (aritmia) yang mungkin terjadi setelah serangan jantung
Dalam melakukan penyembuhan penyakit jantung, maka ada hal yang harus Anda pehatikan, yakni beberapa diantaranya adalah ;
1.       Kurangnya melakaukan aktivitas olahraga akan membuat sirkulasi darah menjadi tidak teratur sehingga akan membuat zat-zat di dalam saluran darah mengalami penumpukkan.
2.      Kurangnya melakukan aktivitas atau sering duduk yang bisa menimbulkan resiko penyakit jantung.
3.      Tidur lewat jam malam dan melakukan aktivitas sama larut malam yang akan menimbulkan resiko penyakit jantung menjadi semakin besar.
4.      Selain itu mandi dengan air hangat dengan frekuensi yang trlalu sering akan menyebabkan penyakit jantung.
5.      Mengonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan juga lemak yang berlebihan, akan menimbulkan penyakit diabetes yang beresiko menjadi penyebab dari penyakit jantung.
6.      Merokok dan juga mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol.
7.      Obesitas atau tekanan darah tinggi hipertensi
8.     Tinggal didaerah yang penuh dengan polusi udara
9.      Terlalu stres dan mempunyai tekanan
Untuk penderita penyakit jantung, maka hal yang harus dilakukan adalah :
1.       Membaringkan penderita penyakit jantung dengan baik, sebaiknya melonggarkan pakaiannya yang ketat.
2.      Usaplah dadanya yang sakit dan usap kakinya menggunakan botol yang hangat.
3.      Selimuti dengan kain yang agak tebal.
Penyembuhan Penyakit Jantung
Penyembuhan penyakit jantung juga bisa dilakukan dengan menggunakan ramuan alami yakni beberapa diantaranya adalah ;
1.       Penyembuhan penyakit jantung 1
Menggunakan bahan 3 batang wortel yang masih segar, cucilah ortel tersebut sampai bersih dengan menggunakan air yang bersih. Setelah itu parutlalh, peraslah air parutan wortel tersebut kemudian airnya diambil, berilah 2 sendok makan madu murni, dan setelah itu campurkanlah ke dalam minuman dan diminum sehari 3 kali sampai sembuh.
2.      Daun sirsak
Salah satu manfaat dari daun sirsak untuk jantung adalah membantu menyehatkan jantung. Selain membantu menjaga kesehatan jantung, manfaat dari daun sirsak sangat mampu untuk menghambat terjadinya pertumbuhan bakteri, menghambat pertumbuhan dari virus, serta menghambat perkembangan dari parasit. Manfaat dari daun sirsak ini jika dikonsumsi secara teratur bukan hanya bisa mengatasi keluhan penyakit ringan, namun ternyata juga mampu untuk mengatasi penyakit kanker.
Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan penyembuhan penyakit jantung adalah Anda diwajibkan untuk melakukan upaya dalam penyembuhan penyakit jantung dan selalu berdoa kepada Tuhan YME untuk kesembuhan penyakit Anda.
Itulah informasi mengenai penyakit jantung dan juga penyembuhan penyakit jantung secara alami. Semoga informasi dari artiel ini bermanfaat untuk Anda semua yang membacanya.

loading...

0 komentar:

loading...